Bismillahirrahmanirrahim.

smoga bermanfaat dengan tulisan-tulisan saya…..

TULISAN #1

_______________________

 Komoditi Kambing, Strategi Mempercepat Swasembada Daging

Pengembangan peternakan kambing relatif lebih mudah dari ruminasia besar (sapi kerbau), mulai dari budidaya sampai ranah sosial masyarakat, sehingga penyebarannya pun lebih luas, tidak jarang kita menemui di daerah pinggiran atau tengah kota.

Laju pertambahan penduduk yang tinggi berkorelasi dengan permintaan daging, namun pesokan daging dalam negeri belum optimal sehingga impor yang dilakukan cukup besar. Berdasarkan data yang ada, dalam hal ini ditunjukkan pada grafik 1. Sumbangsih daging kambing terhadap konsumsi daging nasional masih rendah.

Grafik 1. Kontribusi daging kambing terhadap konsumsi daging di Indonesia.

            Dari grafik diatas dapat di simpulkan bahwa potensi untuk mengembangkan Kambing masih besar. Usaha peternakan kambing untuk saat ini masih sebatas untuk tabungan dan dalam skala peternakan rakyat, sehingga belum dikelola dengan baik dan belum memperhatikan input-output layaknya usaha.

Pengembangan peternakan kambing akan berjalan optimal sehingga swasembada daging yang dicanakngan oleh pemerintah dapat terealisasikan yaitu dengan perbaikan manajemen mulai dari budidaya sampai penjualan sehingga dalam mengembangkannya selalu untung, dengan begitu jumlah daging yang diproduksi akan meningkat.

 Daftar pustaka : Sutama, I-Ketut.2009.Panduan Lengkap Kambing dan Domba.Jakarta : Penebar Swadaya.